Sabtu, 02 Juni 2012

Manfaat Menulis untuk Bisnis Internet Kita

Kalau saya ibaratkan, menulis untuk bisnis online itu sama dengan melakukan perawatan rutin pada bisnis kita. Kalau bisnis di dunia nyata, mungkin Anda mengupdate toko, bersih-bersih tokoh, menambah barang dagangan, mencatat mana yang sudah laku dan mana yang harus kulakan lagi, memutuskan mana produk discontinue dan mana yang perlu diperbanyak unitnya, dan seterusnya. Jadi menulis (baca: ngeblog), itu maknanya sangat-sangat penting demi keberlangsungan bisnis kita.

Anda mungkin agak malas datang ke sebuah toko yang kumuh, barangnya itu-itu saja tidak ada kreativitas, dari sejak awal berdiri sampai sekarang tidak ada keinginan dari pemilik untuk mengembangkan bisnisnya. Kalau Anda ingin membeli makanan, tentu Anda tidak mau yang kadaluarsa, bahkan makanan kemarin yang dijual hari ini. Ini menunjukkan sang pemilik mau tidak mau memberikan pelayaan lebih kepada pelanggannya.

Bagaimana dengan manfaat menulis dalam bisnis online? Kurang lebih sama. Menulis itu “roh” nya bisnis online. Tanpa tulisan yang aktual, enak dibaca, berkualitas dan bermanfaat, bisnis kita akan sulit berkembang. Tulisan pasti memuat informasi, nah informasi itulah yang digunakan sebagai referensi utama pembeli untuk membeli sesuatu. Bukan semata-mata gambar produk, melainkan juga keterangan tekstual yang masuk akal dan bisa dicerna dengan  mudah. Setidaknya itulah pengalaman saya sejauh ini.

Berikut sedikit catatan manfaat menulis untuk bisnis online kita.

# Memperbanyak jalan masuk menuju bisnis kita

Sobat, sudah kita ketahui bersama 90% lebih para pengguna internet berselancar di dunia maya karena mencari informasi. Mereka pun mendatangi google.com dan search engine lain. Mereka mencari informasi untuk mengatasi problem yang mereka hadapi.

Di sinilah sebetulnya posisi tulisan kita. Pertama, apakah tulisan kita bisa menyelesaikan, atau paling tidak menanggapi, sesuatu atas problem mereka? Kedua, apakah tulisan kita bisa ditemukan mereka di search engine, lalu dibaca dan mereka lantas mempercayai kita? Itu masalah sekaligus bisnis. Dengan logika itu maka sudah sewajarnya kita yakin bahwa tulisan dalam bisnis online memiliki makna sekaligus dampak yang sangat penting.



Tulisan kita bisa menjadi jalan masuk bagi mereka untuk mengenal lebih jauh tentang KITA dan BISNIS KITA. Apalagi bila tulisan kita betul-betul berharga di mata mereka. Dampaknya sudah bisa ditebak, untuk komunikasi lebih lanjut tentang bisnis, saya kira tidak banyak menemui hambatan.

Karena itu pandai-pandailah dalam menjaga mutu tulisan, ritme menulis, serta kata kunci yang paling banyak dipikirkan oleh orang. Untuk menangkap beragam maksud orang, tentu tulisan kita tidak hanya satu buah ya. Bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Semakin banyak tulisan, dan semakin bermutu tulisan kita, semakin mudah kita menangkap calon mitra bisnis kita!

Okay ya, jadi manfaat utama sebuah tulisan adalah untuk mempermudah dan memperbanyak jalan menuju bisnis online yang kita tekuni. Nanti tips dan trik menulis yang khas via online bisa kita pelajari lebih lanjut.

# Mengasah kemampuan untuk berargumentasi dan mendeskripsikan sesuatu

Banyak orang mengatakan saya tidak bisa menulis. Pertama-tama, saya tidak percaya dengan pernyataan itu. Saya kira semua orang punya kemampuan menulis. Kalau dia mengatakan “malas menulis”, nah itu baru saya percaya. Umumnya memang demikian, tidak banyak orang yang punya waktu dan kemampuan terasah untuk menulis.

Menulis itu saya kira sama dengan bicara. Cuman kita tidak berbicara dengan mulut kita, melainkan bicara dengan tangan kita. Yang ada di hadapan kita adalah pembaca, lawan kita bicara. Nah kalau kita bisa bicara, kenapa kita tidak bisa menulis? Bukankah sebagian besar dari kita sudah terlatih untuk menulis SMS atau status facebook? Ya jadi semua orang hemat saya bisa menulis, tergantung dilakukan atau tidak, itu saja.

“Tapi saya tidak tahu apa yang ingin saya bicarakan, yang ingin saya tuliskan. Saya tidak punya ide,” sergah Anda. Begini, dalam setiap tulisan, selalu ada maksud dan tujuan, ada ide atau gagasan. Apa ide atau gagasan yang ingin Anda sampaikan? Itulah isi tulisan Anda. Banyaklah membaca (membaca buku atau membaca situasi) dan mendengar. Banyaklah mengamati. Maka Anda akan punya ide/gagasan serta memiliki pendapat. “Bagaimana kalau pendapat saya salah?” Itu urusan belakang, yang penting yakinlah Anda mampu mengutarakan pendapat Anda dengan tulisan.

Kalau di internet, yang dibutuhkan adalah kemampuan mengutarakan melalui tulisan, bukan kata-kata (wicara). Setidaknya sejauh ini pasar internet masih sejauh itu. Mungkin ke depan, yang paling tren bukan mengutarakan via tulisan, melainkan melalui kata-kata (dalam video) misalnya. Namun saya yakin, sehebat apapun kekuatan wicara, ia tidak mampu mengganti kekuatan tulisan.

Mengapa? Bukankah semenjak zaman sangat lampau, tulisan tetap menjadi sarana dan media komunikasi? Jadi walaupun perkembangan teknologi sudah sangat canggih, orang tetap butuh penjelasan melalui tulisan.

Nah melalui tulisan itulah kita bisa berargumentasi. Kita bisa menyampaikan ide melalui deskripsi gagasan yang baik. Manfaat menulis untuk bisnis online kita adalah agar kita bisa mengasah kemampuan berkomunikasi melalui argumentasi, dan keahlian untuk menggambarkan sesuatu.

So tidak ada jalan lain untuk sukses dalam bisnis online, kecuali setiap saat mengasah kemampuan menulis kita!

# Aktualisasi dari bisnis online kita

Tulisan akan mencerminkan diri dan gagasan kita. Manfaat lain dari tulisan dalam bisnis online adalah sebagai aktualisasi paling gress dalam bisnis online kita. Dimulai dari manfaat untuk menarik calon pelanggan, hingga tulisan yang bisa menjaga/merawat kepercayaan pelanggan kita. Semua itu merupakan aktualisasi bisnis online kita.

Dalam sebuah bisnis online, tentu kita ingin bisnis kita awet, tahan lama dan berkelanjutan. Nah hal utama agar bisnis kita awet dan sanggup berkompetisi dengan bisnis lain maupun bisnis sejenis yang dijalankan orang lain, adalah tulisan.

Satu tips untuk memulai menulis: Tulislah apa saja, sekarang juga. Kemampuan dan keahlian untuk menulis pada akhirnya akan terasah waktu demi waktu asal Anda konsisten dengan proses pembelajaran ini.

Salam sukses!!

Artikel Terkait

2 komentar

[...] tahu dan bisa mengukur apakah sejauh ini Anda sudah disiplin atau belum. Misalnya disiplin dalam menulis artikel di blog Anda , maka bila sudah Anda tetapkan sehari satu tulisan, rasanya ada yang kurang dalam [...]

[...] diantara beberapa cara agar tahan lama menjalankan bisnis internet bisa dilakukan dengan menggunakan artikel marketing yang Anda buat di beberapa blog. Selain itu [...]


EmoticonEmoticon