Kamis, 07 Juni 2012

Tips Sukses Bisnis Online Buat Orang Sibuk

Apa bisa orang sibuk melakukan bisnis online? Itu pertanyaan yang sering kita dengar. Dalam beberapa kasus rekan-rekan saya, umumnya mereka yang sibuk seringkali gagal dalam menjalankan bisnis. Sebaliknya, mereka yang memiliki banyak waktu luang lebih banyak berhasil.

Sederhana Tapi Rumit, Soal Alokasi Waktu

Namun, kenyataan di atas tidaklah seratus persen. Ada juga teman-teman saya yang sibuk justru lebih berhasil dalam bisnis internet daripada mereka yang full time sekalipun. Karena itu saya menyimpulkan beberapa point bahwa kesuksesan bisnis online tidak semata-mata ditentukan Anda sibuk atau tidak. Ada hal-hal lain yang patut menjadi pertimbangan.

Mungkin saja dapat ditarik argumen seperti ini. Peluang sukses orang sibuk dalam bisnis online lebih kecil dibandingkan orang yang tidak sibuk. Apalagi orang sok sibuk, peluangnya biasanya lebih kecil lagi hehe. Sebab begini, bisnis online adalah soal alokasi waktu. Secara alami, orang yang meluangkan waktunya lebih banyak untuk meraih sesuatu akan lebih banyak pula yang ia dapatkan daripada orang yang hanya memiliki sedikit waktu.

Saya ingin menegaskan bahwa bisnis online adalah soal alokasi waktu. Seberapa banyak kita bersedia mendedikasikan waktu kita untuk pengembangan bisnis kita. Tanpa itu rasanya sangat mustahil perkembangan bisnis kita akan lebih baik. Rasanya saya hampir tak pernah menemukan orang yang tidak pernah berproses dalam berbisnis online, eh ternyata mendadak ia sukses, kecuali ia dapat lotre.

Tapi kenyataannya adalah banyak orang yang sudah sibuk duluan sebelum menjalani bisnis online. Mereka sudah bekerja rutin di kantor, menghadapi tugas-tugas harian setumpuk. Oh ya saya tidak akan menyarankan Anda untuk resign alias out dari tugas-tugas rutin tersebut. Jalani saja seperti biasa pada awalnya. Yang perlu dilakukan cuman bagaimana membagi dan mengalokasikan waktu, itu dulu. Berikutnya nanti perlu dicarikan formula yang cocok untuk menjalani bisnis online dan tetap beraktivitas seperti biasa.

Karena itu dalam tulisan ini saya sengaja mengetengahkan syarat (kira-kira) bagaimana orang sibuk tapi tetap bisa sukses dalam bisnis online. Ada peluang walaupun kecil. Peluang kecil itu akan jadi besar bila Anda memperlakukannya secara efektif.

Okay mari kita bahas bersama ya.

# Memegang Teguh Mindset Bisnis Online

Ya, yang paling utama dan awal saya katakan adalah kita harus menanamkan mindset bisnis online secara tepat dalam diri, perilaku dan pikiran kita. Itu syarat paling dasar dan utama. Itu merupakan pondasi perjalanan berikutnya. Sobat, rumah tanpa pondasi yang kuat, cepat atau lambat akan segera runtuh diterjang angin sepoi-sepoi sekalipun. Karena itu agar kokoh, pondasi juga harus kokoh, dan semakin kokoh pondasi, maka semakin kuat pula pendirian kita dalam bisnis online.

Nah bila Anda belum membaca tulisan saya tentang pengantar bisnis internet, coba baca lagi tentang mindset bisnis online. Semoga ada motivasi yang berharga dalam tulisan tersebut dan membantu kita semua untuk menanamkan karakter yang kuat untuk sukses.

# Komitmen Diri yang Kuat

Soal komitmen diri ini sudah saya bahas dalam tulisan Pengantar Bisnis Online. Tapi akan saya ulangi lagi karena pentingnya syarat ini. Yang membedakan antara mereka yang sukses dan tidak, yang utama saya kira adalah soal komitmen diri ini. Orang yang memiliki waktu banyak untuk berbisnis tanpa memiliki komitmen, juga mudah runtuh. Karena itu walaupun kita sibuk, banyak aktivitas, namun bila memiliki komitmen yang kuat, maka hal berikutnya soal mengatasi waktu yang sempit, mengalokasikan waktu dapat kita atasi dengan lebih mudah.

Menurut saya, “komitmen” adalah sebuah pernyataan diri paling dasar untuk mencapai sesuatu. Karena paling DASAR maka mustahil kita bisa mencapai sesuatu tanpa komitmen yang kuat. Masing-masing orang memiliki kadar komitmen yang berbeda-beda, semakin kuat komitmen seseorang maka semakin kuat pula hasrat untuk mencapai sesuatu tersebut. Dan itulah yang paling dibutuhkan agar kita sukses dalam bisnis online!

# Disiplin Diri dan Efektif Memanfaatkan Waktu

Sudah jelas bahwa disiplin diri sangatlah dibutuhkan untuk mencapai target yang sudah kita tentukan. Disiplin itu penting, dan penerapannya pada setiap orang berbeda-beda. Anda yang tahu dan bisa mengukur apakah sejauh ini Anda sudah disiplin atau belum. Misalnya disiplin dalam menulis artikel di blog Anda , maka bila sudah Anda tetapkan sehari satu tulisan, rasanya ada yang kurang dalam hidup ini bila seharian Anda belum menulis sama sekali. Itu contoh sederhana, ada disiplin di pergaulan forum internet, disiplin beriklan atau promosi, disiplin blogwalking dan seterusnya.

# Belajar secara Sistematis

Ya karena Anda tidak banyak memiliki waktu, satu hal yang harus Anda cermati betul-betul adalah bagaimana Anda melakukan bisnis online secara sistematis. Sistematis artinya ada tahapan-tahapan. Boleh saja Anda meloncat-loncat namun tetap berada dalam rel yang sudah Anda tetapkan. Bisa jadi Anda punya jadwal untuk melakukan aktivitas ini dan itu, sehingga walaupun kadangkala kita meloncat-loncat, namun tetap berada dalam koridor.

Berbeda dengan mereka yang memiliki banyak waktu luang, pembelajaran secara bertahap dan sistematis itu sangat-sangat penting untuk menghemat waktu Anda. Bila tidak demikian, dampaknya kita akan banyak membuang waktu dan melakukan aktivitas-aktivitas yang tak bernilai. Jadi hindari betul melakukan kegiatan yang tidak menunjang aktivitas bisnis online kita.

# Memilih Jenis Bisnis Online yang Tepat

Setelah semua yang di atas dapat Anda lakukan dan persiapkan, maka hal tak kalah penting adalah memilih jenis pekerjaan yang cocok dengan selera, bisnis online yang sesuai dengan kapasitas waktu yang Anda miliki. Ada jenis-jenis pekerjaan di internet yang kurang cocok dilakukan buat Anda yang sangat sibuk. Ada juga yang fleksibel. Karena itu pilihan yang tepat dan apalagi sesuai dengan hobby alias kesenangan Anda, maka fleksibilitas waktu bisa diatur kemudian.

Demikianlah share tips dan pengalaman hari ini … dan

Salam Sukses!!!

Artikel Terkait

1 komentar so far

[...] menyemangati maupun membosankan. Bila kita menghadapi hal-hal menghambat, membosankan, atau kesibukan lainnya yang sangat menyita waktu, itulah kita membutuhkan motivasi terus-menerus, agar upaya [...]


EmoticonEmoticon