Selasa, 28 Agustus 2012

Meningkatkan Penjualan Online, Menjadikan Pembeli sebagai Pelanggan

Hallo apa kabar rekan semua? Bagaimana bisnis online Anda hari ini? Saya harap semua baik-baik saja dan justru mengalami peningkatan. Tulisan ini ingin berbagi (secara konsep) tentang bagaimana meningkatkan penjualan secara online. Mengapa saya bilang secara konsep? Ya karena saya juga baru ingin mempraktikkan dengan strategi-strategi tertentu. Saya belum bisa menunjukkan bukti nyata bahwa penjualan saya mengalami peningkatan paling tidak dalam 2-3 bulan terakhir ini.

Tapi saya yakin dengan tips yang saya share berikut ini secara logis memang akan bisa meningkatkan penjualan produk secara online, asalkan dilakukan dengan konsisten dan strategi yang tepat. Soal strategi orang mungkin bisa beda-beda, tapi soal konsistensi inilah yang penting. Terdengar gampang tapi justru paling penting, yakni konsistensi untuk menjalankan tahap demi tahap.

Langsung saja bagaimana tips membuat penjualan kita bisa stabil bahkan meningkat dari waktu ke waktu? Sebelumnya mari kita lihat alur bagaimana sebuah penjualan terjadi dalam bisnis online (bisa berupa toko online, blog, lapak di forum, presentasi bisnis dan lainnya). Katakanlah untuk ini kita gunakan TOKO ONLINE.

# Pertama, pengunjung datang ke toko online kita.

Inilah yang pertama dan utama, mendatangkan pengunjung ke toko online kita. Contoh soal Search Engine Optimation (SEO). Kalau di bisnis offline, letak toko sangat mempengaruhi banyak tidaknya pengunjung. Toko yang berada di kawasan ramai orang, berbeda dengan toko yang berada di kawasan sepi manusia. Toko yang berada di desa tentu berbeda dengan yang di kota. Di bisnis online, posisi itu dapat berupa: 1) Posisi toko online kita di search engine (Google, Yahoo, Bing), 2) Dapat pula bermakna nama dari toko kita.

Tentu sangat susah mendapatkan pengunjung bila dalam kata kunci yang paling banyak dicari, posisi kita di urutan paling belakang. Misalnya orang mencari produk x di Google, dibandingkan dengan kompetitor kita berada di halaman 20 atau 30. Kalaupun ada orang tersasar ke sana, tentu tidak banyak.

Karena itu tantangannya adalah bagaimana kita bisa kreatif menjadikan toko online kita tetap unik dengan menempati lokasi yang strategis. Halaman pertama Google merupakan posisi yang diidam-idamkan semua pebisnis online.

Tapi ingat, bisnis online tidak hanya masalah SEO. Tapi juga masalah kreativitas kita mendatangkan pengunjung. Mereka bisa kita undang melalui Social Network (Facebook, Tweter). Juga dari forum-forum, dari email invitasi dan seterusnya. Jadi banyak cara mendatangkan mereka untuk melongok apa sih yang kita tawarkan pada mereka di toko online kita.

Akhirnya, carilah pengunjung yang cocok minatnya dengan apa yang kita tawarkan. Itulah yang disebut pengunjung berkualitas.

# Kedua, pengunjung menjadi prospek

Berikutnya soal bagaimana menyambut mereka yang sudah datang ke toko online kita. Tentu saja, ini berkaitan dengan penampilan toko kita, kemudahan menavigasi dan berselancar di dalamnya, memilih barang-barang, kecepatan akses, keindahan juga penting, juga soal sambutan kita pada mereka. Semuanya berpengaruh pada: Apakah mereka tertarik dan membeli atau tidak.

Okay, konon ada teori, tidak semua pengunjung akan memutuskan untuk membeli saat itu juga. Mungkin saat itu mereka belum punya uang, mungkin belum punya waktu dan seterusnya. Mungkin juga masih ragu. Lalu apa yang seharusnya Toko Online kita lakukan? Tangkap mereka terlebih dahulu dengan mengajak mereka bergabung sebagai calon konsumen kita, itu salah satunya. Tangkap mereka? Gimana caranya? Ya emailnya atau no HP nya. Kalau perlu ada newsletter, berikan. Nanti suatu saat kita follow up mereka untuk kembali lagi mengunjungi toko online kita. Ya untuk yang ini akan kita bahas lain waktu ya, cara detailnya.

# Ketiga, prospek menjadi pembeli (terjadi konversi)

Saat sang prospek memutuskan untuk membeli barang dagangan kita, itulah yang kerap disebut sebagai terjadi “konversi”, ialah konversi dari presentasi jualan kita dan keputusan untuk membeli. Tapi jangan puas dulu, berikan pelayanan terbaik kepada pembeli sesuai standar. Jadikan betul-betul mereka sebagai “sang raja”, agar kepuasan bisa berlipat-lipat. Mengapa demikian? Kita perlu tidak hanya sekali penjualan, tapi berkali-kali. Selain mereka puasa, mungkin mereka bisa bercerita kepada kawan-kawannya, atau mereka juga bisa balik lagi dan beli lagi beli lagi.

# Keempat, pembeli menjadi pelanggan

Sekali lagi masih ada tugas untuk merawat sang pembeli ini menjadi pelanggan. Syarat utama seorang pelanggan adalah adanya kepuasan pada produk maupun pelayanan toko online kita. Jika pada sentuhan pertama saja mereka tidak puas, jangan harap mereka akan kembali lagi. Ya mereka juga akan bercerita pada kawan-kawannya, tapi cerita negatif ketidakpuasan.

Apapun yang Anda jual rasanya semua menjadi mudah bila Anda punya banyak pelanggan. Nilai atau valuasi Toko Online Anda pun akan semakin tinggi. Pelanggan sudah menitipkan sebagian besar kepercayaannya kepada Anda, lalu bagaimana? Rawat dan jaga kepercayaan itu, dan bisnis online Anda akan berkembang sangat pesat hehe

Salam sukses!!!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon