Kamis, 23 Agustus 2012

Pentingnya Berpikir Positif dalam Bisnis Online

Peluang bisnis tersebar di berbagai penjuru internet. Hampir tiap saat kita menemui peluang bisnis yang menawarkan kita untuk ambil bagian. Apakah itu bisnis MLM, bisnis afiliasi, atau bisnis apapun yang memberikan kesempatan kepada kita untuk ikut memasarkan sebuah produk. Apa yang ada dalam pikiran kita saat membaca berbagai peluang tersebut?

Dalam tulisan ini saya ingin berbagai tentang pentingnya pikiran dan tindakan positif dalam merespon berbagai peluang bisnis online tersebut. Saya tidak tahu persis makna pikiran positif (positive thinking) dalam hal ini, namun kita mungkin bisa mengaitkannya dengan lawan katanya, yakni pikiran negatif (negative thinking).

Dalam pengertian sederhana, pikiran negatif selalu mengandung dan mengundang kecurigaan. Pikiran negatif kerapkali tidak hanya berhenti pada alam pikiran saja, namun dilanjutkan pada tindakan yang negatif pula, misalnya antipati terhadap semua penawaran dan peluang. Sobat online, bila kita tidak bisa mengendalikan pikiran negatif yang selalu bertanya-tanya (tanpa mempelajari lebih dalam ikhwal sebuah bisnis yang ditawarkan), kemungkinan besar kita tidak akan pernah mendapatkan peluang itu sendiri. Kita akan selalu ditinggalkan oleh beragam kesempatan kita untuk menjalankan bisnis online.

Pikiran negatif tentu penting bila diterapkan dalam konteks keraguan sementara, pertanyaan-pertanyaan yang muncul apakah peluang yang ditawarkan tersebut realistis atau tidak, working atau tidak, bagaimana kelanjutan dan prospeknya di masa depan. Namun itu semua harus dalam kendali pemikiran positif, yakni bahwa kita harus selalu berbaik sangka terlebih dahulu terhadap semua peluang. Namun berbaik sangka bahwa semua peluang menghasilkan uang besar juga harus dikendalikan oleh keraguan-keraguan dan pertimbangan apakah dengan menjalani peluang tersebut kita bisa memanfaatkannya menjadi aset yang menghasilkan.

Artinya ada keseimbangan yang kita jaga. Tidak semua peluang bisnis online jelek/buruk, pun tidak semua peluang bisnis online itu bagus/prospektif/menghasilkan. Dengan segenap pengetahuan kita dan pembelajaran terus menerus, sering membaca berbagai informasi, maka apa yang ada dalam pikiran negatif bisa kita ubah sebagai tindakan positif.

# Bertindak Positif

Apa itu bertindak positif, khususnya dalam menanggapi peluang bisnis online? Ialah sebuah tindakan untuk memutuskan untuk mengambil atau tidak kesempatan yang ada di depan mata kita dengan seperangkat pertimbangan pengetahuan kita (maupun orang lain –misalnya kawan dekat) dan sekaligus mempertimbangkan kemamuan kita secara realistis atas peluang tersebut. Bisnis online pada dasarnya adalah soal peluang, peluang yang bisa kita lakukan dengan segenap kemampuan dan ketersediaan waktu kita untuk menjalaninya. Bila sudah cocok, maka kita bisa menjalankan apapun peluang bisnis tersebut dengan gembira, bahagia, enjoy.

Soal untung rugi itu soal pertimbangan berikutnya. Sebab untung rugi terkadang tidak selalu berkaitan dengan materi. Bisnis juga berkaitan dengan kepuasan menjalaninya. Saya melihat banyak para netter yang gemar menjalani hobinya tanpa mempertimbangkan keuntungan dalam jangka pendek. Tapi justru ia berhasil dalam jangka panjang ketika hobbinya banyak ditiru oleh orang. Ia menjadikan hobinya sebagai ladang bisnis ketika semua sudah siap.

Lihat saja bagaimana perusahaan-perusahaan besar dalam dunia internet dalam mencari uang dan mengembangkan bisnisnya. Yahoo, Twitter, Facebook, Youtube dll, apakah yang mereka pikirkan ketika memanfaatkan peluang untuk menciptakan jejaring sosial yang canggih dan bisa menyatukan semua orang di berbagai belahan bumi ini? Di tahun-tahun awal, kita kadang kesulitan memikirkan di mana sebenarnya ladang bisnis mereka. Tapi kita bisa mengetahui betapa seriusnya mengerjakan sebuah proyek, yang tentu modal awalnya tidak sedikit. Sebagian besar semua kesenangan itu dilakukan untuk “mempermudah” pengguna dalam menjalani kehidupannya, semua dilakukan untuk membantu orang dengan memberikan berbagai fasilitas, tanpa bayaran pada awalnya. Namun ketika semua orang sudah berkumpul dan enjoy, dan merasa ‘tergantung’ dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan, kita lalu dengan mudah bisa membaca bisnis mereka. Salah satunya adalah bisnis periklanan.

Kembali pada pikiran positif, di sini letak pentingnya dalam kiprah di dalam dunia bisnis online itu. Tentu tidak hanya berhenti pada pikiran saja, tapi harus menjelma menjadi tindakan nyata. Kita bisa memulai dari peluang-peluang bisnis kecil, yang tidak banyak dilirik orang, yang realistis bisa kita lakukan, misalnya seorang diri atau bersama keluarga atau bersama teman-teman dekat kita, dengan kecukupan modal yang kita miliki, dan berbagai pertimbangan lain yang kita miliki.

Oh tentu, seperti saya katakan di awal, begitu banyak peluang bisnis di alam maya ini. Pandailah memilih yang bisa kita andalkan tidak hanya di masa kini, tapi juga di masa mendatang.

Bila sudah positif, jadilah orang yang mandiri dalam menjalankan peluang itu tanpa harus banyak tergantung pada orang lain. Jadilah orang yang ulet dan kreatif merawat peluang tersebut.

Salam sukses ...

Artikel Terkait

2 komentar

[...] membutuhkan motivasi bisnis terus-terusan agar tidak padam di tengah jalan … kembali berpikir positif untuk mencapai tujuan yang sudah kita [...]

BIOalpha Network delete 5 Desember 2012 05.43

Alhamdulillah... terimakasih mas artikelnya, sangat bagus sekali.
Berawal dari ketertarikan di dunia blogger, saya sudah coba buat beberapa blog, namun karena belum konsisten... beberapa blog tersebut saya tinggalkan dan bahkan saya hapus.

Namun setelah saya perhatikan, ternyata dunia blogger semakin maju pesat, mulai dari sekedar hanya untuk bloging saja sampai dengan menyalurkan hobi bisnis.

Hmmmmm artikel mas memberi semangat baru untuk saya, semoga saya bisa istiqomah mengelola beberapa blog lagi. Salam kenal :)


EmoticonEmoticon