Jumat, 24 Agustus 2012

Pentingnya Sosok Mentor dalam Bisnis Internet

Kalau Anda pemula (seperti saya ini nich), mentor atau guru sangat penting keberadaannya untuk membantu kita mengarahkan dan memotivasi terus-menerus saat menjalani bisnis online. Dia akan menjadi pembimbing kita agar kita tidak tersesat, tidak buru-buru menyerah. Kita bisa bertanya apabila menemukan hal-hal yang tidak bisa kita pecahkan, meminta pertolongan bila kita mengalami kesulitan.

Kenyataannya kita memang sering tidak bisa melakukan sendiri. Banyak hal yang harus kita lakukan dengan bantuan orang lain. Secara fitrah kita tidak bisa menjalani kehidupan sosial ini sendirian, termasuk dalam kehidupan bisnis, dan termasuk pula dalam bisnis online.

Anda sudah punya mentor? Kadang memang kita tidak harus terbuka menyatakan seseorang adalah mentor kita. Seorang mentor tidak selalu harus tahu bahwa kita banyak belajar kepadanya. Saya bisa menyatakan si X pemilik blog X adalah mentor saya. Tulisan-tulisannya bagus dan sangat menginspirasi. Saya tak perlu datang ke rumahnya, memperkenalkan diri dan menyatakan diri sebagai murid. Bagi saya, itulah konsep mentor selama ini.

Dalam berbagai forum bisnis (misalnya Saya temukan di Forum Digital Point, BlackHatWorld, maupun Forum Warrior), terkadang saya melihat ada orang yang mungkin mengalami pengalaman bisnis lebih menawarkan jasa untuk menjadi mentor (jasa mentoring). Dia bahkan mematok harga hingga puluhan juta dan menggaransi kita akan mendapatkan dollar dalam waktu cepat. Ya sah-sah saja, dia yang tahu rahasianya, tahu bagaimana cara mendapatkan duitnya.

Lalu mengapa sampai ada orang yang menawarkan jasa demikian? Ya sebab ada sebagian orang dalam dunia bisnis online yang bingung bagaimana cara mendapatkan duit dari internet, tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Atau mereka juga termasuk yang gagal dalam bisnis online. Kesempatan ini diambil oleh “para guru” baik yang gadungan maupun memang benar-benar ahli untuk “mendapatkan duit” dari para murid.

Dan memang begitulah bisnis online, mana ada kesempatan harus langsung ditangkap.

Ada pula jenis lain mentoring, misalnya ada program Sekolah Bisnis Online, Kursus Bisnis Internet dan seterusnya. Itu semua merupakan proses mentoring, yakni pembelajaran dari satu orang ke orang lain agar dia bisa cepat mengerti bagaimana menghasilkan duit dari internet.

Saya sendiri, seperti saya katakan di muka, belum pernah secara “resmi” mengikuti program-program untuk menghasilkan duit seperti demikian. Paling-paling pernah ikut program membership dalam sebuah theme wordpress yang ingin saya dalami. Karena kebutuhan untuk menguasai pembuatan theme wordpress, saya rela harus mengeluarkan sejumlah uang tiap bulan.

Khusus untuk mencari duit dari internet, saya semata-mata mengandalkan informasi-informasi yang sudah bukan rahasia lagi  yang tersebar di seantero Google, Yahoo dan Bing. Itu saja. Berkelana ke berbagai blog-blog para jagoan internet marketing, membaca, mengikuti alur berpikirnya, dan sekaligus mengikuti petunjuk-petunjuknya. Eh nyatanya berhasil juga kok, sebagian besar mereka tidak berbohong tentang cara menghasilkan duit dari internet, walau sebagian mereka juga banyak yang menggelar aksi tipu-tipu belaka.

Jadi dengan begitu saya bisa menjawab, siapa mentor itu? Semua orang baik online maupun offline, bagi saya adalah mentor. Bahkan bahan bacaan adalah mentor. Sebab mentor tidak selalu merupakan figur. Walaupun tak dimungkiri saya juga punya banyak figur yang sering saya andalkan bila saya memiliki kebuntuan masalah.

Google adalah mentor sejati. Teman juga demikian. Pendek kata, semua jenis orang ataupun benda yang bisa mengajari saya untuk cepat menghasilkan uang/dollar dari internet adalah mentor.

Sekedar saran, mulailah berkenalan by email, chatting atau social network, atau by blogwalking. Perbanyak kawan dan carilah di antara mereka yang sungguh-sungguh berpengalaman menghasilkan uang dari internet. Berkenalanlah secara akrab bahkan sampai pada hal-hal yang bersifat privat sekalipun, gunanya untuk menciptakan suasana persaudaraan dan kekeluargaan. Gali semua pengetahuannya. Saya yakin sangat banyak orang yang bisa Anda jadikan mentor.

Sebaiknya Anda juga punya mentor, hehe

Salam sukses!!!

Artikel Terkait

1 komentar so far

Ya saya sangat setuju karena tidak semua hal bisa di kerjakan sendiri butuh sesorang yang bisa memberikan saran ataupun wawasan dan pengalaman sehingga akan lebih lancar dan mudah jalannya, salam sukses selalu


EmoticonEmoticon