Kamis, 23 Agustus 2012

Rahasia Cara Berpromosi Online yang Efektif

Kalau Anda bertanya cara berpromosi yang seperti apa yang efektif? Saya sendiri tidak tahu jawabannya he he ...  Namanya juga rahasia hehe bercanda. Tapi begini, menurut saya semua cara promosi itu efektif kok, hanya bagaimana cara kita melakukannya dan seberapa intensif kita mengerjakannya.



Banyak pemula (seperti halnya saya) yang terkadang bingung, gimana sich cara berpromosi yang efektif. Menurut pengalaman saya, metode promosi tertentu memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Karena itu cara terbaik adalah menggabungkan kesemuanya secara efisien dan melakukan pengulangan-pengulangan yang tidak melanggar aturan (SPAM).

Ambil contoh, promosi di televisi yang ditonton oleh ratusan juta pemirsa sekalipun, mungkin tak akan menghasilkan konversi yang berarti untuk sebuah penjualan, jika hanya dilakukan sekali dua kali. Mengapa demikian? Sebab dalam dunia promosi mengandung unsur branding, yakni menanamkan sebuah gambaran pada khalayak atas produk yang ingin dijual. Proses ini tentu membutuhkan waktu yang tidak pendek. Bahkan bisa bertahun-tahun. Jadi kalau Anda baru saja terjun dalam dunia bisnis internet lalu melakukan promosi baru satu dua tiga kali lalu merasa bosan karena tidak menghasilkan penjualan, besar kemungkinan Anda termasuk orang yang gagal.

Dalam dunia bisnis online berlaku juga demikian, yakni proses pengulangan-pengulangan untuk menciptakan sebuah branding. Untuk menciptakan sebuah ingatan atas produk yang ingin kita jual. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam berpromosi di internet. Bahkan mungkin Anda lebih tahu dan lebih paham dari saya. Saya hanya ingin berbagi pengalaman dan analisis saya (mungkin dangkal), bahwa sebagian besar online marketer yang sukses seringkali mengajarkan ini: teruslah berpromosi jangan Anda bosan. Dan jangan lupa, jangan melakukannya secara monoton, tapi bertindaklah secara kreatif. Itu saja.

# Promosi Online dan Offline

Walaupun kita bicara soal bisnis online, namun promosi secara offline jangan anggap enteng. Banyak bisnis online sekarang malah promosinya dilakukan secara offline, baik melalui televisi, radio, koran, spanduk, banner-banner pinggir jalan maupun sekedar tempelan di tembok atau pepohonan. Semua dilakukan untuk mengarahkan khalayak atas menariknya sebuah produk yang diiklankan. So jangan lupa ya promosi offline ini juga penting, sepenting promosi online, walaupun yang kita bicarakan ini soal bisnis online.

Kalau promosi offline saja penting, maka begitu pula dengan promosi online, tentu juga jauh lebih penting. Apalagi ini menyangkut soal bisnis internet, yaitu bisnis yang dilakukan di dan melalui media internet. Maka beragam promosi yang sudah banyak kita ketahui di internet, tetaplah menduduki porsi utama untuk kita lakukan.

# Menulis Artikel

Menulis artikel tentang sebuah produk bisnis internet, baik yang saya publikasikan pada blog saya sendiri maupun saya titipkan pada blog beberapa teman saya menjadi promosi andalan saya selama ini. Mengapa begitu? Karena saya yakin promosi melalui sebuah tulisan (artikel) di mana di dalamnya terdapat link menuju profil bisnis atau produk yang saya tawarkan sangat efektif, awet dan tahan lama. Dan seperti saya katakan di atas, saya melakukannya berulang-ulang dengan tulisan berbeda. Sejauh ini sangat efektif kok. Apalagi kalau bicara soal SEO, optimasi melalui artikel ini efektif sekali.

# Aktif di Forum

Walaupun sejauh ini saya belum sangat maksimal dalam dunia per-forum-an, tapi saya sangat yakin traffic dari forum, baik dari sebuah thread maupun link-link promosi lainnya sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis online kita. Untuk saat ini saya baru berencana dan menjadwal ulang bagaimana tetap bisa aktif di forum, mencari kawan sebanyak-banyaknya dan memberikan sumbangsih terbaik sesuai kemampuan kita. Saya yakin seyakinnya bahwa forum-forum yang sudah memiliki nama besar memiliki kemampuan untuk mendongkrak branding sebuah bisnis.

# Aktif di Millis

Sama halnya dengan forum, millis juga tempat berkumpulnya orang. Misalnya millis Yahoogroups ataupun Googlegroup. Bergabung di sebuah millis yang sesuai dengan minat kita, atau yang topiknya sesuai dengan karakter / jenis produk kita akan sangat bermanfaat untuk melahirkan konversi penjualan. Mengapa begitu? Sudah jelas, bila produk kita bisa memecahkan persoalan mereka, maka kita akan menang satu langkah lebih maju dibandingkan kompetitor. Dalam prosses berkomunikasi, kita bisa dengan bijak menawarkan keunggulan produk bisnis kita. Ingat saya katakan ‘bijak’ sebab tidak semua orang suka dengan penawaran produk via internet yang kerap membanjiri inbox email mereka.

# Aktif di Social Network

Kalau yang ini sudah pasti. Saat ini lalu lintas percakapan yang paling ramai ada di social network, misalnya Facebook, Twitter, Google Plus, atau lainnya. Sama halnya dengan di dunia nyata, produk kita lebih berpeluang dikenal orang yang banyak berkumpul di sana. “Bermainlah” dalam social network Anda secara bijaksana pula, jangan asal ngetag gambar atau orang. Tetaplah berkomentar bijak, menulis status secara bijak, agar orang mengenal kita sebagai sosok pebisnis yang pintar dan santun hehe

# Coba-coba Iklan Gratis

Kenapa tidak? Ya iklan gratis sering diremehkan orang, tapi juga paling sering dijalankan para pebisnis internet. Iklan, walaupun gratis, tetap mengandung manfaat setidaknya akan menanam pintu backlinks ke dalam website atau produk kita. Bila pintu yang kita buka semakin banyak, maka peluang “orang masuk” juga semakin banyak. Memang benar bila sebagian orang mengatakan sangat susah mengukur sebuah penjualan dari iklan gratis. Dengan kata lain kurang efektif. Tapi bila Anda jitu dan efisien melakukan pemasangan iklan (misalnya menggunakan software) maka pada titik tertentu, pintu yang semakin lebar ke dalam website bisnis kita juga akan semakin terbuka lebar.

# Blogwalking, Mengapa Tidak?

Kalau Anda blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan kata blog walking, yakni aktivitas jalan-jalan ke berbagai blog sejenis untuk meninggalkan komentar dan link blog kita di sana. Jejak-jejak kita dalam aktivitas inilah yang bermanfaat untuk membuka pintu masuk orang berkunjung ke web bisnis kita dan membaca apa yang ada. Blogwalking jelas tidak bisa dilakukan sekali, tapi harus rutin dan berkali-kali, sampai kita bisa saling mengenal pada para blogger pemilik blog tersebut. Enak ‘kan? Punya banyak teman bisnis dari berbagai profesi ...

# Pay Per Click (PPC)

Ini adalah model metode promosi yang berbayar. Cocok buat Anda yang sudah mengalokasikan dana untuk mengenalkan secara cepat produk Anda kepada khalayak. Tinggal Anda bayar dan Anda bisa menikmati hasil, sebab link bisnis Anda tersebar ke berbagai penjuru web dan blog ... Di Indonesia banyak layanan PPC, di Google sendiri kita mengenalnya sebagai Google Adword. Okay kapan-kapan akan kita bahas lebih dalam aktivitas ini.

# Coba-coba Social Bookmark

Setiap tulisan dalam blog kita, atau link produk bisnis kita, agar mudah dikenal oleh banyak orang, jangan dibiarkan begitu saja. Kirimkanlah ke berbagai social bookmark yang Anda yakini bisa mendatangkan traffic untuk Anda. Agar bisnis anda makin menjadi bisnis keren hehe

Ehhh dan banyak lagi metode promosi ini. Menurut saya, jadwalkan hari-hari Anda untuk menjalani semua metode yang Anda yakini bisa mendongkrak bisnis online Anda. Dengan adanya jadwal yang rutin dan sistematis, nanti Anda bisa mengukurnya setelah beberapa bulan melakukannya. Jelasssss sekali ada perbedaan yang sangat tajam dibandingkan bila ... Anda tidak melakukan apa apa hehehe

Salam sukses ...

Artikel Terkait

8 komentar

[...] berbagai forum bisnis (misalnya Saya temukan di Forum Digital Point, BlackHatWorld, maupun Forum Warrior), terkadang saya [...]

Setuju pak,

Akhirnya saya menemukan penyebab kenapa bisnis yang saya jalani belum menuai hasil yang saya harapkan. Memang sudah bisa saya dapatkan hasilnya tetapi masih jauh dari harapan.

Ternyata konsistensi adalah jawabannya. Saya sudah mencoba hampir semua jenis promosi yang bapak tuliskan, namun sifat cepat menyerah merupakan virus yang menghalangi keberhasilan yang saya targetkan.

Alah bisa karena biasa, " cikarakak ninggang batu, laun-laun jadi legok" tetesan air yang terus menerus diatas batu, lama-lama akan menyebabkan batu tersebut berlubang.

Terima kasih advisenya pak!

Terimakasih atas kunjungannya pak Aam Kartabi ... salam kenal :)

Economic And Business Education delete 16 September 2012 07.11

jika kita tidak melakukan promosi sebuah produk tapi dengan cara menulis artikel apakah bisa mendapatkan penghasilan gan..
tolong pencerahanya ya..
blogger baru gan..
salam kenal.. :)

Ya betul, promosi harus kontinyu ya

Social network yang saat ini paling punya pengaruh besar ya

Tangga Lagu Indonesia Terpopuler delete 6 Maret 2014 10.06

Artikelnya luar biasa banget om, Tapi maaf saya cuma bisa nyimak doang :D


EmoticonEmoticon