Sabtu, 15 September 2012

Cara Mencari Bisnis Online yang Prospektif

Bagaimana cara mencari dan menemukan bisnis online yang prospektif? Semua orang tentu punya jawabannya masing-masing, termasuk saya punya jawaban sendiri. Tapi dari sekian banyak orang tentu ada yang bingung cara mencari bisnis internet yang prospektif.

Sebelum sampai pada jawaban bagaimana menemukan bisnis internet yang prospektif, tentu kita harus bisa mengartikan apa bisnis yang prospektif itu. Tentu dalam bayangan kita sendiri juga sudah bisa merasakan apa sih bisnis prospektif itu. Secara sederhana saya mengartikan bahwa bisnis prospektif adalah bisnis yang memiliki jangkauan hingga ke masa yang akan datang, barangkali 10 tahun yang akan dating, 20 tahun yang akan datang. Artinya sebuah bisnis tidak hanya booming di masa kini saja, alias bisnis tersebut temporal.

Ada kisah bisnis bunga “gelombang cinta”, bisnis “ikan louhan”, bisnis “jual beli tokek”. Konon kabarnya, alias dari mulut ke mulut terdengar kabar bisnis itu sangat menggiurkan. Bayangkan ada satu bunga yang bisa laku hingga puluhan juta rupiah. Tapi entahlah sekarang tidak lagi banyak terdengar.

Ada bisnis “money game”, alias arisan berantai. Berbondong-bondong semua orang mengikutinya. Ketika terdengar sang pemiliknya hancur, saat itu pula bisnis tersebut bangkrut, tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Sekarang kita bicara soal bisnis internet. Ada yang menggebu-gebu menawarkan bisnis MLM dengan penghasilan gila-gilaan. Dengan produk yang tidak jelas, dan system binary dua kaki yang memang menggiurkan, semua orang pun tergila-gila. Bagaiman akhirnya? Anda bisa memrediksikannya sendiri.

Dulu di internet ada bisnis investasi jenis HYIP (High Yield Investment Program). Semua orang merasa bisa kaya dengan mudah dengan model bisnis ini. Eh ternyata, umurnya nggak ada yang panjang. Seumuran jagung.

Dan banyak lagi contoh bisnis internet yang umurnya sangat pendek. Maka bila dalam bisnis tersebut kita juga dipersyaratkan untuk mengembangkan jaringan, bagaimana nasib mereka? Bagaimana nama baik kita sebagai leader, misalnya? Itulah kenapa sangat penting kemampuan kita untuk mengetahui bisnis tersebut baik secara jangka panjang atau tidak. Mulailah dengan berpikir positif dalam bisnis online ya…

Memang tidak ada bisnis yang abadi. Tapi setidaknya kita perlu memilih hari ini. Ada beberapa kriteria kita bisa memutuskan sebuah bisnis tersebut baik secara jangka panjang atau tidak.

Lihat Produknya

Ini yang utama dan pertama kali harus kita perhitungkan. Produk, produk dan produk. Produk harus bisa kita perkirakan dibutuhkan tidak hanya di masa kini, tapi juga di masa mendatang donk. Mungkin ada satu produk yang kurang laku di masa kini tapi Anda perkirakan sangat prospektif di masa mendatang, hemat saya pilih bisnis ini. Ini asset yang bagus. Tapi tidak mudah memilih bisnis jenis ini. Contoh dulu tidak ada orang beli air putih dalam botol. Air putih kok dijual, di semua rumah pasti ada air putih dan tidak mungkin orang beli air putih. Bisnis ini pun ditertawakan banyak orang. Tapi lihatkah kini … siapa tidak beli air putih dalam kemasan? Bagaimana pendapat Anda dengan Bisnis Produk Herbal?

Lihat Sistemnya

Kriteria ini dibutuhkan bila Anda mengikuti bisnis jaringan, bisnis MLM, atau bisnisnya perusahaan lain. Di internet banyak orang menjalani bisnis ini. Lihatlah sistem bisnis dengan kemampuan Anda, apakah dengan sistem tersebut perusahaan tidak bangkrut dalam jangka waktu 2 tahun? 5 tahun? 10 tahun? Saya kira begitu, sistem bisnis harus bisa menjaga perusahaan tetap kokoh memberikan kompensasi bagi kita sebagai pemasar. Biasanya, dengan kita harus mempersandingkan pula dengan produknya. Bila produknya sulit dijual di pasaran, maka jangan terlalu percaya dengan sistemnya. Artinya, hati-hatilah dengan sistem bombastis yang disediakan di marketing plan-nya.

Lihat Companynya

Masih berkaitan dengan kriteria di atas, faktor lain adalah masalah validitas perusahaannya. Ini penting untuk mengukur sejauh mana bonafiditas dan faktor keterpercayaan mereka. Ada banyak bisnis bagus yang dijalankan oleh orang-orang yang kurang bagus. Akibatnya tentu jelek untuk masa depan bisnis kita.

Well, di internet ada banyak peluang bisnis bagus. Tergantung bagaimana kita memilih dan memilahnya. Tentu masih banyak factor lain yang belum dikupas daripada sekedar tiga aspek di atas. Semua orang punya pertimbangan masing-masing.

Kalau saya ditanya saat ini, apa bisnis prospektif yang paling menantang dan menarik dijalankan? Bisnis Abe. Kriterianya sudah saya tulis di artikel sebelumnya ya … hehe

Salam sukses ..

Artikel Terkait

3 komentar

[...] secara sepintas memang terasa mudah, namun dalam pengalaman saya, mungkin juga Anda, menjalankan peluang usaha di rumah tidak selalu mudah. Banyak hal yang harus dipenuhi agar kita bisa sukses menjalankan usaha di [...]

[...] ini banyak orang mulai suka menjalankan bisnis, bisnis kecil, menangah atau bisnis besar. Untuk bisnis kecil, ada yang membuka toko, retail ataupun toko [...]

[...] jelas ya, bahwa artikel dalam dunia SEO merupakan inti. Dalam dunia bisnis online, artikel atau content sebuah website merupakan roh dari adanya traffik ke website kita. Tanpa [...]


EmoticonEmoticon