Jumat, 07 September 2012

Peluang Bisnis Produk Herbal

Dewasa ini berkembang sangat pesat produk herbal. Itu bisa kita saksikan dari iklan-iklan di televisi, koran, maupun iklan di internet. Banyak sekali perusahaan yang menawarkan dagangan mereka dan melabelinya dengan produk herbal. Berbagai macam produk herbal ditawarkan umumnya merupakan produk kesehatan, terkadang berbentuk obat, jamu atau sekedar suplemen makanan.

Produk-produk tersebut kini mulai banyak membanjiri di sekitar kita, dan mungkin bisa menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang tidak cocok dengan produk-produk kesehatan farmasi umumnya yang beredar. Tapi apa sih produk herbal itu? Karena saya bukan ahli herbal, berikut saya sarikan hasil bacaan saya dari berbagai sumber tentang produk herbal. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari2 informasi mengenai produk herbal.

Pengertian mudah dari herbal biasanya dihubungkan dengan tanaman atau tumbuhan yang tidak berkayu, atau tumbuhan perdu. Tapi dalam ilmu pengobatan, arti herbal justru bermakna lebih luas menyangkut semua jenis tanaman berikut elemen2nya yang mengandung satu atau beragam bahan aktif yang bisa digunakan untuk obat (terapi).

Contoh Mengkudu Hutan (Morinda citrifolia) yang mengandung Morindin, sebagain bahan aktif anti kanker; Jintan hitam membantu menghilangkan asam urat, migren, diabet, kanker sampai hepatitis; Bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol dan menguatkan jantung; Pegagan (Centela Asiatica) yang mengandung Asiaticoside dan berguna untuk mengatasi masalah kulit, dan lainnya.

Ilmu yang mempelajari hal-hal tentang herbal disebut sebagai herbalogi. Herbalogi juga diartikan sebagai sebuah metode pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami herba atau tanaman obat. Intinya pengobatan menggunakan cara herbal berarti usaha semaksimal mungkin menggunakan bahan dari herba sebagai obat. Jadi tanpa ada tambahan zat kimia sintetis apapun.

Bila pengobatan herbal menggunakan bahan alami (tanaman), pengobatan modern (pengobatan menggunakan bahan kimia sintetis) justru sebaliknya. Ilmu pengobatan herbal berasal dari Timur, sedangkan pengobatan Modern dari Barat. Yang pertama menggunakan bahan kimia sintetis, yang keduya menggunakan bahan alamiah/organik.

Kira-kira demikianlah pengertian yang saya tangkap mengenai produk herbal.

Produk Herbal, Kembali ke Alam


Mengapa sekarang tumbuh pesat bisnis produk herbal? Salah satu jawabannya karena masyarakat atau konsumen mulai merasakan bahwa konon poengobatan modern justru menimbulkan efek samping lain yang sering bersifat merusak. Sedangkan pengobatan herbal konon bebas efek samping yang merugikan.

Kini konsumen merasakan pentingnya kembali ke alam (back to nature). Apalagi alam diyakini menyediakan beragam bahan obat untuk kesembuhan manusia. Berbagai masalah yang timbul dalam diri manusia, obatnya sudah tersedia di alam ini sendiri. Hal tersebut bahkan sudah dilakukan secara turun-temurun dari nenek moyang kita.

Alasan inilah salah satunya yang menyebabkan kini berjamuran berbagai produk herbal. Apalagi saat ini sudah didukung dengan berbagai riset ilmiah untuk mendukung pengobatan dari bahan-bahan alami. Yang pasti banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan produk herbal bila dibandingkan dengan pengobatan farmasi.

Keunggulan Produk Herbal


Efek samping kecil atau sering dikatakan tidak ada efek samping. Namun kita semua harus hati-hati karena ada pula produk herbal yang tidak diproduksi secara higienis, dan justru malah dicampur dengan bahan-bahan kimia. Kalau ini namanya herbal aspal, alias palsu hehe.

Obat herbal juga bebas racun alias toksin. Justru obat herbal seringkali bisa digunakan sebagai detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh. Juga obat herbal diyakini bisa menghilangkar sumber penyakitnya, jadi tidak hanya menyembuhkan gejalanya saja. Sebab pengobatan herbal itu sifatnya holistik alias menyeluruh.

Enaknya lagi bila dibandingkan dengan obat farmasi, obat herbal itu harganya murah dan multi khasiat. Nggak hanya satu saja. Karena murah, maka sekarang ini banyak orang mulai mencoba mengandalkan produk alami untuk kesehatan mereka.

Tapi ingat ya, semua yang alami belum tentu aman, terutama bila cara mengonsumsi di luar batas kewajaran. Jadi boleh saja mengandalkan produk herbal, tapi semua harus sesuai takaran. Jangan over dosis.

Peluang Bisnis

Lalu bagaimana peluang bisnisnya? Tadi dia atas dikatakan bahwa kini mulai mewabah produk-produk herbal akibat orang modern kini mulai jenuh dengan pengobatan modern yang banyak mengandung efek samping merugikan. Karena itu, secara logis tentu saja peluang bisnis produk herbal sangat luar biasa besar.

Peluang bisnis produk herbal sangat layak untuk ditekuni mulai sekarang juga dengan melihat kondisi dewasa ini. Anda bingung bagaimana cara memulai usaha online produk herbal ini? Simak tulisan bisnis produk pasutri di sini ya … Itu tulisan saya yang 2 tahun belakangan ini menekuni bisnis produk herbal.

Produknya laris bukan main karena menyangkut hobby dan kesenangan. Menyangkut berbagai permasalahan yang selama ini banyak dikeluhkan pasutri di mana-mana. Tentu saja kita tetap harus bisa memilih produk bisnis yang tepat untuk memulai bisnis produk herbal ini.

Akhirnya, melalui tulisan ini saya juga ingin memperkenalkan Toko Produk Herbal saya yang baru, silakan dipilih-pilih ya hehe

Salam sukses …

Artikel Terkait

1 komentar so far

[...] juga sudah bisa merasakan apa sih bisnis prospektif itu. Secara sederhana saya mengartikan bahwa bisnis prospektif adalah bisnis yang memiliki jangkauan hingga ke masa yang akan datang, barangkali 10 tahun yang [...]


EmoticonEmoticon