Selasa, 16 Oktober 2012

Menjalankan Usaha di Rumah Tidak Selalu Mudah

Banyak iklan yang kita temui tentang usaha di rumah. Umumnya mereka menyatakan mudahnya menjalankan bisnis dari rumah. Usaha di rumah secara sepintas memang terasa mudah, namun dalam pengalaman saya, mungkin juga Anda, menjalankan peluang usaha di rumah tidak selalu mudah. Banyak hal yang harus dipenuhi agar kita bisa sukses menjalankan usaha di rumah.

Dari pengertian dasar sudah bisa kita tangkap bahwa usaha di rumah adalah usaha yang dijalankan di rumah. Jadi ini berbeda dengan usaha yang tidak dilakukan di rumah atau di luar rumah. Ada perbedaan antara, misalnya, Anda berdagang bakso di depan rumah sendiri dan di luar rumah. Perbedaan itu pasti menyangkut waktu, modal dan tenaga. Hal lain tentu terkait dengan kenyamanan, kemudahan dan seterusnya.

Bila Anda baca iklan di internet yang meminta kita untuk memulai usaha di rumah dengan fasilitas internet misalnya, juga sama saja. Untuk memulai usaha di rumah perlu banyak pengorbanan sama dengan usaha di luar rumah. Jangan dikira bahwa kalau usaha di rumah lalu tanpa modal sama sekali, dan bisa dilakukan dengan santai. Tentu saja kalau Anda melakukan usaha di rumah dengan mindset bisnis seperti itu, hasilnya sudah bisa ditebak, tidak akan optimal.

Kita perlu menyadari sesungguhnya menjalankan usaha di rumah itu hanya berbeda tempat saja dengan usaha di luar rumah. Semuanya tetap memerlukan kerja keras, strategi, pemikiran kreatif, ide brilian dan bahkan modal yang besarnya relatif sama dengan apabila usaha tersebut dilakukan di luar rumah. Sama juga dengan menjalankan bisnis online, alias bisnis dengan media internet, jangan dikira itu tak memerlukan modal sama sekali. Bila kita keliru dalam memegang soal ini, maka dikhawatirkan nanti kita terpeleset atas mindset usaha di rumah itu, sebagai sesuatu yang dilakukan secara suka-suka.

Bisnis Internet


Bisnis internet misalnya, adalah contoh usaha yang bisa kita lakukan di rumah. Tapi sebelum sampai pada perjalanan bisnis online itu sendiri tentu ada banyak hal yang harus kita persiapkan. Modal, waktu, tenaga, pikiran, sampai dengan fasilitas lain seperti ruang kerja yang nyaman, komputer yang up to date, koneksi internet yang lancar, kemampuan akses internet banking dan seterusnya.

Selain itu suasana nyaman juga amat diperlukan dalam hal ini. Anda bisa bayangkan bekerja dalam suasana yang tidak nyaman, hiruk pikuk dan hingar bingar, tetangga yang tidak ramah, keluarga yang kurang mendukung dan seterusnya. Syarat-syarat ini memiliki harga mahal dan hemat saya harus dipenuhi agar kita bisa menjalankan bisnis online dengan baik dan lancar. Asumsinya, hasil yang kita peroleh pun akan lancar pula ya hehe
Ruang yang nyaman dalam menjalankan bisnis internet, kalau bagi saya, itu syarat mutlak. Kalau sudah waktunya bekerja, jangan ada orang keluar masuk hilir mudik tidak jelas masuk ke ruangan. Konsentrasi akan buyar dan pecah bila suasana tidak mendukung.

Ada yang suka bekerja di siang hari, ada juga yang malam hari. Saya sendiri memilih malam hari karena hening. Tapi siang hari kalau lagi terjaga juga tidak ada masalah. Yang penting bagi saya adalah sunyi, karena sunyi bisa meningkatkan konsentrasi. Tapi ada juga kok yang suka kerja saat ramai, di sana konsentrasinya malah muncul. Cuman orang jenis seperti ini mungkin jumlahnya sedikit ya

Selain itu, modal lainnya saat menjalankan bisnis internet juga tidak sedikit. Ada modal uang untuk membuat website, sewa hosting, modal untuk keperluan stok, keluar uang untuk biaya pembelajaran, pembelian fasilitas ini dan itu, biaya iklan dan seterusnya. Artinya, usaha yang kita lakukan di rumah dengan bisnis internet ini ternyata membutuhkan biaya tidak sedikit juga.

Itulah mengapa, sedikit dalam tulisan ini sebenarnya saya hanya ingin mengingatkan bahwa usaha di rumah itu tidak selalu gampang, dan karenanya janganlah selalu menganggapnya mudah hehe

Salam sukses untuk Anda …

Artikel Terkait

2 komentar

kalau yang ini perlu ketekunan ya pak.

salam.

[...] kenapa banyak orang gagal sebelum berhasil, setidaknya sebelum merasa berhasil. Sangat mungkin karena cita-cita dan [...]


EmoticonEmoticon