Rabu, 06 Februari 2013

Tips Menyenangkan Konsumen

Dewasa ini banyak orang mulai suka menjalankan bisnis, bisnis kecil, menangah atau bisnis besar. Untuk bisnis kecil, ada yang membuka toko, retail ataupun toko kelontong. Apapun jenis tokonya agar dapat menarik konsumen maka pengalaman berbelanja di toko haruslah menyenangkan.

Jika tidak maka Anda akan kalah dalam persaingan dan konsumen akan lari dari Anda untuk mencari barang di toko lain yang menawarkan kenyamanan yang diinginkan. Selain itu faktor harga juga perlu diperhatikan ketika Anda membuka toko. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu tinggi. Ini akan membuat konsumen merasa bahwa barang yang Anda jual di atas harga pasaran. Ada bermacam-macam cara yang dapat dilakukan untuk membuat konsumen senang.

Ketika konsumen datang dan mendapatkan apa yang diinginkan, plus memuaskan, maka langkah awal kita untuk menjaring konsumen dapat dikatakan sukses. Langkah selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan konsumen agar di kemudian hari kembali lagi ke toko kita. Yang terpenting berilah sesuatu yang lebih dari apa yang diharapkan. Setidaknya, mereka akan menyampaikan kata-kata ‘wow’ pada toko tersebut menarik untuk didatangi lagi.

Cara lain untuk memuaskan konsumen adalah bersikaplah baik kepada konsumen. Secara teori langkah ini memang sederhana. Akan tetapi kesulitan-kesulitan akan muncul jika kita menghadapi konsumen yang tidak biasa.

Di saat mood enak dan konsumen tidak rewel maka kita dapat menangani mereka dengan baik. Namun demikian di saat mood kita kurang baik, ditambah lagi konsumen yang rewel, maka di sini kita tertantang untuk dapat melayani konsumen dengan baik.

Penataan suasana hati adalah sesuatu yang sangat penting dalam melakukan bisnis. Di sini anda dituntut untuk mempunyai kecerdasan emosi yang baik dalam menata hati. Jika hati sudah tertata, maka kita dapat memilih mana urusan pribadi dan mana urusan pekerjaan. Urusan pribadi tidak akan mengganggu urusan pekerjaan. Sebaliknya urusan pekerjaan juga tidak akan mengganggu urusan pribadi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon